Pengumuman Wisuda

Diberitahukan kepada para Calon Wisudawan/wati INSTIPER periode bulan Desember 2021 dan Maret 2022, hal-hal sebagai berikut :

  1. Wisuda Sarjana ke-78 & Pascasarjana ke-24 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 dengan cara luring dan daring
  2. Pakaian Wisuda:
    1. Bagi yang mengikuti prosesi wisuda secara luring : Wajib mengenakan Toga
      • Wisudawan :
        • Hem lengan panjang warna putih
        • Celana panjang warna hitam
        • Dasi kupu-kupu warna hitam
        • Sepatu warna hitam : pantofel(bukan sepatu kets)
      • Wisudawati :
        • Pakaian Nasional
    2. Bagi yang mengikuti prosesi wisuda secara daring
      • Toga
      • Pakaian Adat
      • Jas/blazer polos berwarna gelap, atau
      • Batik
  3. Agenda pelaksanaan wisuda:
  4. No Acara Waktu Keterangan
    1 a. Pendaftaran Wisuda :
    • Wisuda Luring Rp. 500.000,-/mhs
    • Wisuda Daring Rp. 250.000,-/mhs
    b. Pembelian Toga dan Samir :
    • Toga S1 : Rp. 200.000,-
    • Toga S2 : Rp. 300.000,-
    • Samir : Rp. 40.000,-
    07 – 22 April 2022               
    • Bagi Wisudawan S1 melalui sistem pembayaran di: pembayaran.instiperjogja.ac.id
    • Bagi Wisudawan S2 melalui rekening BPD nomor: 005111000569 a/n Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta
    2 Pengambilan Toga dan Samir 17 - 20 Mei 2022
    (09.00 s.d. 14.00 WIB)
    Diambil di Bagian Perlengkapan Gedung Pusat Lt. 3 (Toga) dan Fakultas Kehutanan (Samir)
    3 Pembekalan Wisudawan S1 (Wajib) 18 - 19 Mei 2022
    (08.00 WIB - selesai)
    Daring
    4 Gladi Bersih Wisuda (Wajib) 27 Mei 2022
    (13.30 WIB - selesai)
    Luring dan Daring Tempat: GRHA INSTIPER
    5 Wisuda Sarjana dan Pascasarjana 28 Mei 2022
    (08.00 WIB – selesai)
    Luring dan Daring Tempat: GRHA INSTIPER

  5. Syarat khusus bagi calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda secara luring di GRHA INSTIPER :
    1. Wisudawan sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 minimal dosis kedua;
    2. Wajib melakukan tes rapid antigen secara mandiri (pribadi). Hasil tes rapid yang masih berlaku (1 x 24 jam dari saat hasil diterima) diserahkan kepada panitia yang bertugas pada tanggal 27 Mei 2022;
    3. Wisudawan wajib datang sendiri (tidak didampingi oleh orang tua atau wali);
    4. Calon wisudawan wajib mematuhi segala aturan yang akan ditetapkan oleh panitia wisuda dan menerapkan protokol kesehatan secara optimal (cek suhu tubuh, memakai masker (4 ply), mencuci tangan dengan sabun/menggunakan handsanitizer, jaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi).
    5. Kuota bagi wisudawan yang mengikuti secara luring dibatasi maksimal 100 wisudawan, dengan ketentuan 100 pendaftar tercepat (nama-namanya akan diumumkan setelah masa pendaftaran selesai).
  6. Bagi wisudawan yang mengikuti wisuda secara luring, wajib hadir dan mengikuti Gladi Bersih secara luring di GRHA INSTIPER sekaligus menyerahkan Hasil Test Rapid Antigen yang masih berlaku dan print out sertifikat/kartu vaksin pada tanggal 27 Mei 2022 (datang tepat waktu).
  7. Apabila tidak mengikuti Gladi Bersih, calon wisudawan tidak diperkenankan mengikuti Acara Prosesi Wisuda pada tanggal 28 Mei 2022

  8. Setelah prosesi wisuda, bagi wisudawan yang mengikuti secara luring wajib segera pulang dan dilarang ber-swafoto di area kampus INSTIPER.
  9. Bagi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti wisuda, wajib membayar sebesar biaya wisuda daring yaitu Rp. 250.000,- dan bukti pembayaran merupakan syarat untuk mengambil ijazah.
  10. Apabila ada peraturan dari pemerintah terkait pembatasan kegiatan masyarakat (lockdown), maka prosesi luring secara otomatis akan dialihkan ke prosesi daring.
  11. Pengambilan Ijazah dan Transkrip bagi yang mengikuti secara daring dan yang tidak mengikuti wisuda akan dilayani di Fakultas masing-masing pada tanggal 31 Mei s.d. 6 Juni 2022, teknis pelaksanaan pengambilan akan diinformasikan lebih lanjut.



I. Waktu dan Tempat Pengambilan

Pengambilan Ijazah dilakukan dengan waktu sebagai berikut:

  • Hari, tanggal : Selasa s.d Senin, 31 Mei s.d 6 Juni 2022
  • Waktu : 08.00 s.d 14.00 WIB
  • Tempat : Wisudawan S-1 di Fakultas masing-masing dan Wisudawan S-2 di BAA

II. Syarat Pengambilan Ijazah dan Transkrip Nilai

  • Pengambilan langsung oleh wisudawan
    • Ijazah dan Transkrip Nilai Wajib Segera diambil
    • Wisudawan wajib menyerahkan foto copy KTP (tidak dipotong), dibawah foto copy KTP ditulis nomor mahasiswa; angkatan; prodi minat dan nomor hp
    • Menyerahkan fotocopy bukti pembayaran kelulusan, bisa di download dan dicetak melalui pembayaran@instiperjogja.ac.id
    • Tanda tangan pengambilan 2 kali (dilembar presensi dan dibawah nomor mahasiswa pada lembar foto copy KTP)
  • Mewakilkan kepada pihak kedua :
    • Menyerahkan Surat Kuasa Asli (bukan hasil scan) bermaterai Rp.10.000,- dengan tanda tangan basah dari pemberi kuasa dan penerima kuasa;
    • Menyerahkan foto copy KTP dari 2 belah pihak (tidak dipotong), dibawah foto copy KTP pihak pemberi kuasa ditulis nomor mahasiswa; angkatan; prodi minat dan nomor hp pihak pengambil
    • Menyerahkan fotocopy bukti pembayaran kelulusan, bisa di download dan dicetak melalui pembayaran@instiperjogja.ac.id
    • Tanda tangan pengambilan 2 kali (dilembar presensi dan dibawah nomor mahasiswa pada lembar foto copy KTP)

III. Protokol dan Prosedur Pengambilan Ijazah dan Transkrip

Setiap wisudawan maupun yang mewakilkan wajib menaati protokoler pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan oleh INSTIPER, yaitu:

  • Ketika memasuki area Kampus INSTIPER wajib melakukan pemeriksaan suhu badan. Apabila tidak memenuhi syarat suhu badan sehat maka tidak diperkenankan memasuki area kampus. Untuk pengambilan ijazah setelah tanggal 6 Juni 2022 melalui Biro Administrasi Akademik Gedung Pusat Lantai -3.
  • Wajib memakai masker dan menjaga jarak
  • Wajib mencuci tangan dengan handsanitizer/sabun sebelum melakukan proses pengambilan ijazah dan transkrip yang telah disediakan di setiap Fakultas

Pengambilan Toga dan Samir dilakukan tanggal 17 – 20 Mei 2022

Ketentuan Pengambilan :

  • Toga diambil di Bagian Perlengkapan BAU Gedung Rektorat Lt. 3
  • Samir diambil di Administrasi Fakultas Kehutanan
  • Menyerahkan fotocopy bukti pembayaran dan fotocopy identitas diri
  • CP: Bp. Edward (081329786861)