Pengumuman Wisuda

Diberitahukan kepada para Calon Wisudawan/wati INSTIPER periode bulan November 2021, hal-hal sebagai berikut :

  1. Wisuda Sarjana ke-77 & Pascasarjana ke-23 akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2021 dengan cara luring dan daring.
  2. Pakaian Wisuda:
    1. Toga (wajib bagi yang mengikuti secara luring);
      • Wisudawan :
        • Hem lengan panjang warna putih
        • Celana panjang warna hitam
        • Dasi kupu-kupu warna hitam
        • Sepatu warna hitam : pantofel(bukan sepatu kets)
      • Wisudawati :
        • Pakaian Nasional
    2. Pakaian Adat;
    3. Jas/blazer polos berwarna gelap, atau
    4. Batik
  3. Agenda pelaksanaan wisuda:
  4. No Acara Waktu Keterangan
    1 a. Pendaftaran Wisuda :
    • Wisuda Luring Rp. 500.000,-/mhs
    • Wisuda Daring Rp. 250.000,-/mhs
    b. Pembelian Toga dan Samir :
    • Toga S1 : Rp. 200.000,-
    • Toga S2 : Rp. 300.000,-
    • Samir : Rp. 40.000,-
    11 – 29 Oktober 2021
    • Bagi Wisudawan S1 melalui sistem pembayaran di: pembayaran.instiperjogja.ac.id
    • Bagi Wisudawan S2 melalui rekening BPD nomor: 005111000569 a/n Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta
    2 Pengambilan Toga dan Samir 9 – 12 November 2021(09.00 s.d. 14.00 WIB) Diambil di Bagian Perlengkapan Gedung Pusat Lt. 3
    3 Pembekalan Wisudawan S1 (Wajib) 9 – 10 November 2021
    (08.00 WIB - selesai)
    Daring
    4 Gladi Bersih Wisuda (Wajib) 19 November 2021
    (13.30 WIB - selesai)
    Luring dan Daring Tempat: GRHA INSTIPER
    5 Wisuda Sarjana dan Pascasarjana 20 November 2021
    (08.00 WIB – selesai)
    Luring dan Daring Tempat: GRHA INSTIPER
    *) tentatif

  5. Syarat khusus bagi calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda secara luring :
    1. Wisudawan sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama. Print out sertifikat vaksin diserahkan pada saat gladi bersih tanggal 19 November 2021;
    2. Wajib melakukan tes rapid antigen secara mandiri (pribadi). Hasil tes rapid yang masih berlaku (1 x 24 jam dari saat hasil diterima) diserahkan kepada panitia yang bertugas pada tanggal 19 November 2021;
    3. Wisudawan wajib datang sendiri (tidak didampingi oleh orang tua atau wali);
    4. Calon wisudawan wajib mematuhi segala aturan yang akan ditetapkan oleh panitia wisuda dan menerapkan protokol kesehatan secara optimal (cek suhu tubuh, memakai masker (4 ply), mencuci tangan dengan sabun/menggunakan handsanitizer, jaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi).
    5. Kuota bagi wisudawan yang mengikuti secara luring dibatasi maksimal 100 wisudawan, dengan ketentuan 100 pendaftar tercepat (nama-namanya akan diumumkan setelah masa pendaftaran selesai).
  6. Bagi wisudawan yang mengikuti wisuda secara luring, wajib hadir dan mengikuti Gladi Bersih secara luring di GRHA INSTIPER sekaligus menyerahkan Hasil Test Rapid Antigen yang masih berlaku dan print out sertifikat vaksin pada tanggal 19 November 2021.
  7. Setelah prosesi wisuda, bagi wisudawan yang mengikuti secara luring wajib segera pulang dan dilarang ber-swafoto di area kampus INSTIPER.
  8. Bagi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti wisuda maka sebagai syarat mengambil ijazah harus menunjukkan bukti bayar sebesar biaya wisuda daring, yaitu Rp. 250.000,.
  9. Apabila ada peraturan dari pemerintah tentang pembatasan kegiatan masyarakat (lockdown), maka prosesi luring secara otomatis akan dialihkan ke prosesi daring
  10. Pengambilan Ijazah dan Transkrip bagi yang mengikuti secara daring dan yang tidak mengikuti wisuda akan dilayani di fakultas masing-masing pada tanggal 23 – 24 November 2021, teknis pelaksanaan pengambilan bisa cek di menu SOP Pengambilan Ijazah.



I. Waktu dan Tempat Pengambilan

Pengambilan Ijazah dilakukan dengan waktu sebagai berikut:

  • Hari, tanggal : Selasa s.d Rabu, 23 s.d 24 November 2021
  • Waktu : 08.00 s.d 14.00 WIB
  • Tempat : Mahasiswa S-1 di Fakultas masing-masing dan Mahasiswa S-2 di BAA

II. Syarat Pengambilan Ijazah dan Transkrip Nilai

  • Pengambilan langsung oleh calon wisudawan
    • Calon wisudawan wajib mengumpulkan foto copy KTP dan menunjukkan KTP asli
    • Bagi yang tidak mengikuti wisuda wajib menyerahkan fotocopy bukti pembayaran Rp.250.000,-
  • Mewakilkan kepada pihak kedua :
    • Membawa Surat Kuasa bermaterai Rp.6000,- dengan tanda tangan basah dari pemberi kuasa dan penerima kuasa, dengan format terlampir yang telah dilampiri fotocopy KTP pemberi dan penerima kuasa.
    • Apabila yang diambilkan tidak mengikuti wisuda wajib menyerahkan fotocopy bukti pembayaran Rp. 250.000,-

III. Protokol dan Prosedur Pengambilan Ijazah dan Transkrip

Setiap wisudawan maupun yang mewakilkan wajib menaati protokoler pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan oleh INSTIPER, yaitu:

  • Ketika memasuki area Kampus INSTIPER wajib melakukan pemeriksaan suhu badan. Apabila tidak memenuhi syarat suhu badan sehat maka tidak diperkenankan memasuki area kampus. Untuk pengurusan pengambilan ijazah dan transkrip nilai selanjutnya dapat menghubungi Bp. Abdullah.
  • Wajib memakai masker
  • Wajib mencuci tangan dengan handsanitizer/sabun sebelum melakukan proses pengambilan ijazah dan transkrip yang telah disediakan di setiap Fakultas
  • Di setiap Fakultas disediakan petugas untuk menjaga penerapan protokol COVID-19
  • Di setiap Fakultas dan di setiap pos penjagaan disediakan petugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban untuk mencegah pengumpulan massa

Pengambilan Toga dan Samir dilakukan tanggal 09 – 12 November 2021

Ketentuan Pengambilan :

  • Toga diambil di Bagian Perlengkapan BAU Gedung Rektorat Lt. 3
  • Samir diambil di Administrasi Fahutan
  • Menyerahkan fotocopy bukti pembayaran dan fotocopy identitas diri
  • CP: Bp. Edward (081329786861)